jabaktangan.com


Ulama Besar Yang Tersembunyi di Kampung Japing-Japing Kab Pangkep Kecamatan Minasatene Kelurahan BontoLangkasa.

 MENYINGKAPI JEJARING ULAMA YANG BERPENGARUH DAN TERSEMBUNYI DI KAMPUNG JAPING-JAPING, KEL.BONTOLANGKASA, MINASATENE, PANGKEP.

JEJAK SEJARAH AGH.SAYYID MUHAMMAD BAQIR SHIDDIQ AL AIDID.






Assalamu Alaikun wr.wb.

Bismillahirrahmanirrahim..

Al Alimul Alamah Sayyid Muhammad Baqir Shiddiq Al Aidid atau yg lebih populer di panggil KH.Tuan Haji lompoa/H.Tanning Karaeng Majennang lahir di kp.japing2, kel.Bontolangkasa pd hari senin 4 juli 1830 M. Ayahx bernama Sayyid Abdul Azis Dg.Coke Al Aidid yg bergelar Tuanta Dg.Maudu, ibux bernama Sitti Khadijah I Kare Barasa dan beliau putri ulama besar pada abad ke 17 Syekh Ahmad Khatib sibawae. Sedangkan ayah dr Sayyid Abdul Azis Al Aidid adalah Sayyid Muhajir Al Aidid atau seorang pejuang zaman kolonial belanda pemberani dlm membela yg haq dan menumpas yg bathil.


Sayyid Muhammad Baqir Shiddiq Al Aidid berangkat haji pd thn 1847 M dlm usia 17 thn bersama saudaranya sayyid Muhammad Ramli Al Aidid Dg.Baddaning dan sepupu satu kalinya Hasnah Dg Sanang ( Syarifah Baineya ) anak tunggal dari Sayyid KH.Muhammad Adam Dg.Awalli ( Tuang Awalli ) yg lebih dulu ke Mekah pd thn 1825 M. Di Mekah Sayyid Muhammad Baqir Shiddiq Al Aidid (Tuan Haji lompoa) di nikahkan dgn Hasnah Dg.Sanang (sepupu satu kalinya) oleh sayyid KH.Muhammad Adam Dg.Awalli. dan kemudian kembali ke tanah air kecuali Sayyid KH.Muhammad Ramli Dg.Baddaning yg tinggal belajar pada pamannya selama 7 thn.


Thn 1852 KH.Sayyid Muh.Baqir Shiddiq Al Aidid berngkat lagi haji ke dua kalix dan menetap di mekah utk menuntut ilmu selama 2 thn, dan kembali bersama saudarax ( KH.Baddaning) ke tanah air pd thn 1855. Dan beliau (KH.Sayyid Muh.Baqir Al Aidid) beranglat lg haji ke 3 kalix atas panghilan Pamanx dan lanjut menuntut ilmu agama di mekah selama 7 tahun. Dan atas izin pamanx sekaligus mertuanya (KH.Sayyid Muhammad Adam Al Aidid Dg.Awalli) beliau ke Yaman, Turki, Maroko, dan Mesir memperdalam ilmu agama sekian thn lamax.


Beliau kembali ke Mekah dari pengembaraanx atas panggilan pamanx krn beliau sakit. Sebelum wafat, pamanx berwasiat utk melanjutkan pengajian ilmu agama di majelisx. Sbg seorang murid yg taat beliau bersedia mengganti gurux mengisi pengajian di majelis, krna beliaulah (pamanx) pengganti ayahx yg meninggal dunia ketika usiax baru 7 thn. Dan setahun setahun setelah meninggal ayahx ibunyapun menyusul.


Beliau (KH.Sayyid Muh.Baqir Shiddiq Al Aidid) dan 4 saudarax yatim piatu. Ketika beliau di mekah 3 saudarax di pelihara dan di bimbing oleh KH.Sayyid Abd.Gaffar Al Aidid Dg.Marowa (Dg.Tomarowa) yg bersaudara dgn Ayahanda beliau. Selama beliau di mekah putera2x menyusul ke mekah dan salah seorg putrax menetap beberapa tahun lamax yaitu H.Muhammad shiddiq Al Aidid.( H.Saddiko).


Pada musim haji selanjutx KH.Sayyid Muh.Baqir Shiddiq Al Aidid bertemu dgn sahabatx sekaligus iparx bernama KH.Muhammad Nur Dg.Mattutu dan meminta pulang ke tanah air atas permintaan muridx dr kendari utk syiar islam di wowoni. Tibalah KH.Sayyid Muh.Baqir Shiddiq Al Aidid di tanah air pd thn 1902 di usia 72 thn dan langsung ke kampung kelahiranx japing2 berziarah ke makam ayahx di belakang mesjid tua japing2. Kemudian beliau ke kabba di tmpt tinggal pamanx yg sdh wafat, lalu membuka pengajian di rappokadang. Dari keluarga biasa sampai bangsawan berguru kpd KH.Sayyid Muh.Baqir Shiddiq Al Aidid atau Tuan Haji besar/Haji lompoa (gelar yg di beri oleh warga).


Thn 1905 berangkat ke wowoni bersama KH.Muh.Nur Dg Mattutu dan di sana beliau mendapat tantangan ilmu2 hitam tetapi beliau mampu mengatasix hingga warga pulau wowoni memeluk islam. Beliau kembali dan mengutus keponakanx KH.Sayyid Fachruddin (Gurutta H.Faharu) hingga meninggal disana (wowobi) dan di bangunkan kobbang oleh warga setempat bersama KH.Muh.Nur Dg Mattutu.


KH.Sayyid Muh.Baqir Shiddiq Al Aidid memiliki murid yg banyak. Dan salah satu murid kesayanganx di luar dr putera2x sendiri adalah dr kalangan bangsawan yaitu Andi Mappanyukki Raja Bone. Beliau berdakwah selama 35 thn dan meninggal dunia di japing2 pd hr Rabu Thn 1937 bertepatan dgn 17 Ramadhan dalam usia 107 thn dan dimakamkan di Kp.Rappokadang Desa Kabba.


Beliau semasa hidupx prn berguru pada KH.Sayyid Muh.Adam Al Aidid (mertuax sendiri), Syekh Ahmad Khatib Minangkabau, Al Habib Ali Bin Muhammad Al Habsy shohibul Maulid Simtud Duror. Paham sunni aqudah Asy'Ariyah bermazhab Syafii'yah Tariqat Ba'Alawiyah dan Khalwatiyah Yusuf.


Di salin dari lontaraq patturioloang yg beraksara huruf serang/silsilah AGH.Sayyid Muhammad Baqir Shiddiq Al Aidid. Dan penyalin adalah generasi ke.7 dari Beliau.


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu. 


Penulis:


Sudirman Daeng Haruna., S.Sos., M.Si



No comments

Powered by Blogger.