jabaktangan.com


Puisi Karaeng Samarlukka Raja Tallok Ke.2

 


Karaeng Samarlukka: Sang Raja Maritim

Puisi 


Di pesisir Tallo yang berkilau, berdiri Karaeng Samarlukka, Raja kedua, pelaut ulung yang berani menembus samudra, Di bawah langit biru dan bintang yang memandu jalannya, Ia mengarungi gelombang, menjelajah dunia tanpa ragu.


Mahir berlaut, keahliannya tak tertandingi, Memimpin armada, menaklukkan lautan dengan gigih, Berdagang ke negeri jauh, membawa kekayaan tanpa henti, Membangun jaringan, menjalin hubungan yang erat dan kokoh.


Di darat, tangannya tak hanya memegang kemudi, Membuat rumah, merangkai mimpi dalam bentuk nyata, Pilar demi pilar, ia bangun dengan cinta dan teliti, Menghadirkan tempat tinggal, penuh dengan kehangatan keluarga.


Karaeng Samarlukka, raja yang mengerti laut dan bumi, Menghubungkan dunia dengan kebijaksanaannya yang dalam, Di setiap pelabuhan, namanya bergema dengan penuh hormat, Mengukir sejarah, sebagai raja yang tak terlupakan.


Kini, bayangnya masih hidup di antara angin laut, Menginspirasi generasi, membawa semangat petualangan, Warisanmu, Karaeng Samarlukka, akan selalu dijaga, Sebagai simbol kejayaan dan kebijaksanaan yang abadi tak terduga.


Penulis: Sudirman 

No comments

Powered by Blogger.