jabaktangan.com


Puisi Karaeng Pattingalloang Cendikiawan Tallok

 



*Puisi*

Di tengah gemilangnya Tallo, berdiri teguh seorang bijaksana, Karaeng Pattingalloang, cendikiawan dengan hati dan nalar yang mulia, Menyulap ilmu menjadi kekuatan, pengetahuan jadi pelita, Memandu jalan, di bawah benderang sinar yang tak pernah padam.


Dialah penjaga warisan, penutur sejarah tanpa alpa, Menyambungkan masa lalu dengan masa kini, dalam harmoni sempurna, Meneliti laut dan langit, membuka jendela dunia yang luas, Menjadi jembatan antara Tallo dan bangsa asing, penuh kasih dan niat tulus.


Kecerdasannya mengalir bagaikan air di sungai Tallo, Menghidupkan semangat maritim, membangun armada yang kokoh, Menjaga pantai, melindungi negeri dari ancaman yang datang, Dengan taktik dan strategi, membawa Tallo ke puncak kejayaan.


Kata-katanya seperti embun pagi, menyegarkan jiwa-jiwa, Menginspirasi generasi, menyebar semangat tanpa jeda, Tangan dinginnya menyentuh hati, membawa ketenangan di tiap langkah, Membuat Tallo jadi pusat ilmu, penuh dengan kecintaan dan bangga.


Kini, namanya diukir dalam sejarah yang abadi, Karaeng Pattingalloang, sang cendikiawan sejati, Semoga kisahnya tetap hidup, memberi terang di tiap hati, Menjadi inspirasi, penjaga warisan, pelita yang tak pernah mati.


Penulis: Sudirman

No comments

Powered by Blogger.